Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di HARGAPER COM

×

Berapa Standar Tinggi Dinding Rumah


Sebab rumah dengan luas tersebut terbagi menjadi beberapa ruang. Sedangkan untuk kamar tidur kemungkinan hanya berukuran 3 x 3 meter. Maka dari itu tinggi dinding atau plafon bisa diatur sekitar 2,7 meter.

Ruang sempit dengan jarak plafon yang tinggi akan menimbulkan beberapa masalah. Seperti sulitnya membersihkan debu di langit-langit, penempatan furnitur yang benar-benar harus diperhatikan agar sesuai dengan tinggi plafon hingga udara panas yang terkumpul di atas dan kesulitan untuk mencari jalan keluar dan mengakibatkan sirkulasi tidak lancar.

Lalu untuk ruangan yang lebih lega, maka tinggi plafonnya bisa diatur sekitar 3 meter. Tinggi plafon ini bisa diterapkan di area ruang tamu atau kamar tidur utama yang memiliki luas sekitar 15 meter persegi. Anda bisa menambahkan dekorasi atau wallpaper yang senada sehingga mempercantik suasana rumah.

Sebagai tambahan, plafon yang tinggi akan memerlukan jalur udara yang memadai, sama seperti plafon rendah. Usahakan ada jendela dari sisi samping ruang ataupun belakang. Lalu jarak antar jendela tidak boleh lebih dari 6 meter. Sebagai alternatif Anda bisa menggunakan kipas exhaust jika tidak ingin terlalu banyak jendela.

Ukuran Standar Tinggi Dinding Rumah 2 Lantai

Untuk menentukan ukuran tinggi lantai ke lantai kita perlu memperhatikan jenis bangunanya. Syarat tinggi lantai bangunan berkisar 3 meter sampai dengan 3,75 meter. Sedangkan ketinggian maksimumnya adalah 5 meter.

Jika dicermati, ada beberapa rumah 2 lantai yang menggunakan lantai mezzanine. Lantai mezzanine adalah lantai perantara yang umumnya terletak di antara lantai-lantai utama suatu bangunan. Dalam kasus ini lantai mezzanine tidak dihitung penuh jika luas lantainya kurang dari 50 persen dari luas lantai dasar.

Baca juga: Menghitung Koefisien Dasar Bangunan

Tips Membangun Rumah 2 Lantai

Ketika ingin membangun rumah 2 lantai, maka yang harus dipertimbangkan lebih banyak dibandingkan dengan membangun rumah 1 lantai. Ada beberapa tips yang bisa Anda simak seputar membangun rumah 2 lantai.

Merencanakan Tata Letak Ruangan

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan adalah perencanaan tata letak ruangan. Hal ini terdengar sepele namun tetap penting untuk dilakukan. Misalnya untuk rumah 2 lantai, di lantai pertama digunakan untuk area publik. Seperti ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan ruang makan.