Download PUIL (Persyaratan Instalasi Listrik)


  1. Setiap instalasi listrik harus terdapat rencana instalasi yang sudah disetujui
  2. Instalasi listrik dirancang, dipasang, dan dipelihara sedemikian rupa agar tidak menimbulkan kebakaran serta mencegah kemungkinan terjadinya hal tersebut.
  3. Perlengkapan dan peralatan listrik yang dipasang harus memenuhi standar dan memiliki tanda pengenal, seperti nama, logo pembuat, tegangan, dan daya/arus pengenal. Serta data teknis lain yang disahkan dalam SNI.
  4. Peralatan dan perlengkapan listrik harus dalam keadaan baik dan bisa berfungsi, serta dipilih sesuai penggunaan dan tidak boleh dibebani melebihi kemampuannya.
  5. Instalasi listrik dilengkapi dengan pelindung atau proteksi untuk keselamatan. Seperti proteksi kejut listrik, termal, arus lebih, dan proteksi tegangan lebih.
  6. Instalasi listrik yang baru dipasang atau mengalami perubahan harus diuji dan diperiksa. Selain itu jika perlu dicoba sebelum dioperasikan, dan memenuhi ketentuan PUIL.
  7. Perencana pemasang, dan pemeriksa instalasi listrik harus mempunyai izin dan harus memakai tenaga teknis yang berkompeten sesuai bidangnya.

Baca juga: Biaya Pemasangan Listrik Rumah Baru

Syarat Memasang Instalasi Listrik Rumah

Siapa saja boleh melakukan instalasi listrik selama memahami aturan atau standar yang berlaku, serta memahami bagaimana melakukan pekerjaan tersebut dengan baik dan aman. Dengan kata lain Anda sendiri bisa mengerjakan sendiri instalasi listrik di rumah. Akan tetapi Anda harus memahami beberapa syarat dalam memasang listrik. Berikut kami jabarkan apa saja syarat dalam melakukan instalasi listrik di rumah.

Kabel

Salah satu komponen yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan kabel. Untuk instalasi rumah tangga kabel yang digunakan adalah kabel dengan isolasi ganda seperti kabel NYM. Kabel tersebut mempunyai dua atau tiga inti pejal dengan bahan tembaga dan mempunyai luas penampang dari tiap inti minimal 1,5 mm2.

Kabel tersebut juga harus dicabangkan dalam kotak pencabangan dengan memakai metode penyambungan yang benar. Sedangkan untuk kabel lampu dipakai jenis yang mempunyai penampang di atas 0,5 mm2. Tidak hanya itu, kabel listrik yang terpasang secara permanen di dalam rumah juga harus memakai inti tembaga dengan ukuran paling tidak 2,5 mm2, lengkap dengan isolasi PVC. Kabel tersebut juga hanya boleh dialiri listrik maksimal 10A saja.