Informasi Besaran Watt AC Lengkap


Air Conditioner Standard

AC standard yang beredar di pasaran biasanya memiliki daya listrik sekitar 800 watt. Cara kerja dari AC standard, saat AC baru dinyalakan maka daya listrik yang dibutuhkan adalah 800 watt lebih. Akan tetapi saat suhu ruangan sudah mencapai titik yang diinginkan, maka AC bagian outdoor akan mati secara otomatis atau sudah tidak bekerja. Hanya perangkat di sisi indoor saja yang bekerja.



Perangkat sisi outdoor akan kembali bekerja saat suhu ruangan sudah mulai panas dari suhu yang ditetapkan oleh pengguna. AC standard sudah dilengkapi dengan remote untuk mengatur suhu ruangan.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari AC standard ini. AC ini memiliki harga yang lebih terjangkau. Selain itu AC standard bekerja lebih cepat dalam mendinginkan ruangan. Biaya perawatan AC ini lebih murah, dan perbaikannya pun lebih mudah.

Hanya saja konsumsi daya listrik AC ini lebih boros, apalagi jika sering hidup dan mati. Solusi agar konsumsi listrik AC lebih hemat adalah dengan membuat suhu dingin dalam ruangan bertahan lebih lama. Dengan begitu perangkat AC yang ada di luar ruangan tidak terlalu sering beroperasi.

AC Low Watt

AC jenis berikutnya ini adalah AC yang dibuat untuk konsumen yang daya listrik di rumah terbatas. Tujuan dibuatnya AC low watt adalah agar rumah dengan daya listrik yang kecil bisa tetap menggunakan AC. Jadi bukan untuk menghemat daya listrik.

Kelebihannya AC ini lebih hemat listrik dibandingkan dengan AC standard. Akan tetapi hal tersebut bisa tercapai dengan beberapa syarat yang harus terpenuhi.



Selain itu AC low watt juga mempunyai beberapa kekurangan. AC ini tidak cepat dingin dibandingkan AC standard. Sehingga kerja mesin kompresor akan lebih lama. Di samping itu harga AC low watt juga lebih hama dari AC standard.

AC Inverter

AC yang satu ini merupakan AC yang lebih canggih dibandingkan dua jenis di atas. Sebab AC inverter dilengkapi dengan beragam komponen tambahan yang bisa mengatur kerja dari kompresor sesuai dengan kebutuhan. Bagaimana cara kerja AC inverter?

Saat arus listrik AC diubah menjadi DC dan diubah lagi menjadi AC, maka sensor suhu yang tertanam di dalam AC ini akan mengatur frekuensinya secara otomatis. Sehingga saat ruangan sudah dingin sensor tersebut akan mengatur arus listrik yang dipakai. Tujuannya agar putaran kompresor menjadi lebih lambat dan nantinya akan menghemat daya listrik yang digunakan.



Ada beberapa kelebihan dari AC inverter. AC ini umumnya dijual dalam versi minimal 1 PK. Hanya saja PK AC inverter bisa berubah-ubah menyesuaikan kebutuhan pendinginan suatu ruangan. Suhu dingin yang dihasilkan juga lebih nyaman, sebab suhu sudah diatur menjadi lebih stabil.