Informasi Besaran Watt AC Lengkap


Hanya saja juga ada beberapa kekurangan AC inverter. Harga AC inverter lebih mahal dibandingkan jenis-jenis lainnya, biaya perawatannya pun juga lebih mahal. AC ini juga membutuhkan daya listrik yang tinggi saat baru dinyalakan. Selain itu AC ini tidak terlalu cepat dalam mendinginkan ruangan.



Kekurangan lainnya adalah komponen yang cenderung mudah rusak jika terus menerus bekerja. Harga spare part AC inverter juga relatif mahal, termasuk freon AC ini. Perbaikan AC inverter juga membutuhkan teknisi yang paham dan tahu prinsip kerja dari AC ini.

AC Hybrid

AC ini juga bertujuan untuk menghemat penggunaan daya listrik. Selain itu yang paling menarik perhatian adalah kemampuan AC hybrid yang dapat menentukan berapa PK yang akan dikeluarkan. Contohnya untuk AC hybrid 1 PK kita bisa mengaturnya 1/2 PK, 3/4 PK, ataupun 1 PK tergantung kebutuhan. Hanya saja AC hybrid masih sangat mahal dibandingkan jenis-jenis yang telah kami sebutkan di atas.

Baca juga: Harga Tangki Air

Tips Memilih AC

Sesuaikan dengan Daya Listrik

Sudah disinggung di atas bahwa saat memilih AC kita harus menyesuaikannya dengan daya listrik rumah. Kami juga telah menyampaikan bahwa AC memiliki beberapa PK, di antaranya ½ PK, ¾ PK hingga 1 PK.

Sesuaikan Luas Ruangan

Kita dapat menggunakan rumus British Thermal Unit (BTU) untuk menentukan besaran PK. Caranya adalah dengan mengalikan panjang ruangan dalam satuan meter dengan 500 yang menjadi besaran baku BTU.



Contohnya ada ruangan dengan luas 5 x 5 meter, maka cara menghitungnya:

Nilai BTU = P x L x 500 = 5 x 5 x 500 = 12.500 BTU.

Jika nilai kurang dari 5.000 BTU Anda bisa memilih AC ½ PK. Sementara jika nilai maksimal BTU 7.000, maka bisa memilih AC ¾ PK. Dan jika nilai di atas itu pilih AC 1 PK.