Daftar Software Aplikasi BIM Terbaik

Endah Wahyuni

Software ini merupakan sarana untuk melakukan pemodelan yang mudah digunakan. Pengguna juga dapat mengubah garis atau bentuk biasa menjadi berbagai bentuk tiga dimensi dengan lebih mudah karena adanya koleksi model 3D yang ada di dalamnya. Di samping itu software ini juga dapat diakses lewat web.

Tekla BIMsight

Software BIM yang satu ini memungkinkan pengguna untuk memadukan model, mengidentifikasi bentrokan, hingga memperbaiki masalah yang lainnya. Tekla BIMsight hadir dengan menawarkan konsep sistem BIM canggih dengan rekayasa struktural. Sehingga pengguna dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah lebih mudah pada tahap desain sebelum konstruksi dimulai. Beberapa fitur yang ditawarkan antara lain mark-up, navigasi 3D, menampilkan beberapa model, transparansi objek, dan lain sebagainya.

PriMus IFC

PriMus IFC merupakan software yang diperuntukkan untuk melakukan pengukuran dari berbagai model 3D. Di samping itu juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan tagihan kuantitas secara otomatis. Aplikasi ini dapat memperbarui data setiap kali ada perubahan pada model 3D terkait. Pengguna juga dapat mengelola daftar harga dengan bantuan aplikasi ini.

BEXEL Manager

BEXEL Manager merupakan software BIM yang komprehensif dan dibuat khusus untuk mengelola aktivitas proyek konstruksi. Kelebihan yang ditawarkan mencakup peluang integrasi, standar bersertifikat IFC, dan lain sebagainya. Beberapa fitur yang ditawarkan BEXEL Manager antara lain penganggaran, analisis biaya, pengoptimalan jadwal, manajemen perubahan, pelacakan kemajuan, dan lain sebagainya.

Revizto

Software Revizto menjadi sarana kolaborasi terintegrasi untuk alur kerja 2D dan 3D. Sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan semua pihak yang berhubungan dalam proyek yang sedang dikerjakan. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah manajemen bentrokan, sinergi model 2D/3D, pelacak masalah, menjelajahi model dengan VR, dan lain sebagainya.

Vectorworks Architect

Software ini menawarkan dua paket alat, yakni CAD dan BIM. Fungsinya utamanya adalah untuk mendesain 2D maupun 3D. Di samping itu aplikasi ini memiliki kemampuan orientasi desain, objek parametrik, dan lain sebagainya yang tujuannya untuk menyederhanakan proses pembuatan desain virtual.

Edificius

Edificius merupakan sebuah aplikasi BIM yang ditujukan untuk desain arsitektur. Software ini dapat bekerja dalam 2D dan 3D. Selain itu Edificius diklaim memudahkan pengguna saat mendesain arsitektur, dengan mempertimbangkan seluruh teknologi dan peraturan baru. Dengan memanfaatkan software ini pengguna bisa mendesain lanskap, taman, rendering statis dan real-time, dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Midas Gen

Midas Gen adalah aplikasi untuk membangun konstruksi dengan memanfaatkan sistem BIM. dengan bantuan software ini pengguna bisa melakukan analisis struktural dengan berbagai teori dan fungsi sehingga bisa memperoleh hasil yang praktis. Software ini memiliki fitur yang tergolong lengkap, dengan antar muka yang mudah dipahami.

Buildertrend

Software ini merupakan alat BIM untuk tahap konstruksi yang cocok dipakai untuk proses renovasi atau pembangunan rumah. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah akses ke proyek secara real-time dari mana saja, perubahan pesanan, akses ke semua data termasuk foto, atau dokumen, hingga manajemen garansi. Selain itu juga ada fitur manajemen proyek umum, manajemen pelanggan, proses pra-penjualan, hingga alat keuangan.

Trimble Connect

Bagikan: