Kmspico, lisans anahtarlarına ihtiyaç duymadan Windows işletim sistemlerinin (Windows 7, 8, 10 ve 11 dahil) ve Microsoft Office ofis uygulamalarının (Office 2010'dan itibaren ve en son sürümlere kadar).

Alat Berat Sheep Foot Roller (Harga & Sewa)

Endah Wahyuni

Alat Berat Sheep Foot Roller (Harga & Sewa) - Dalam beberapa pekerjaan konstruksi biasanya dibutuhkan alat-alat berat yang beragam bentuknya. Masing-masing alat berat ini mempunyai kegunaan dan cara pengoperasian yang berbeda. Dan satu alat berat yang kita bahas pada artikel ini adalah sheep foot roller atau juga dikenal dengan istilah tamping roller maupun compactor.Anda pastinya sudah tidak asing dengan alat berat yang satu ini. Jika masih terdengar asing tidak apa-apa. Silakan simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Compactor

Sebelum membahas sheep foot roller kita perlu mengetahui apa itu compactor. Compactor adalah alat berat yang dipakai untuk memadatkan tanah lempung, atau campuran pasir dan lempung. Walaupun sebenarnya pemadatan tanah skala kecil dapat dilakukan dengan cara menggenangi dan membiarkan tanah tersebut sendiri, namun teknik ini cukup memakan waktu dan memiliki hasil yang kurang sempurna. Maka dari itu dibutuhkan alat berat untuk melakukan pekerjaan tersebut.Alat berat yang dipakai bisa berupa mesin penggilas/roller atau alat berat compactor. Jika menggunakan tamping roller ada beberapa macam roller yang biasa digunakan sesuai dengan jenis pekerjaannya. Jika untuk memadatkan pengaspalan maka memakai road roller atau tire roller. Sementara untuk memadatkan tanah memakai sheep foot roller atau drum roller.Untuk diketahui, ada tiga faktor yang mempengaruhi proses pemadatan, antara lain:
  1. Gradasi material yang dipadatkan
  2. Kadar air yang ada di dalam material (moisture content)
  3. Usaha saat pemadatan (compactive effort)
Baca juga: Upah Tukang Bangunan Di Proyek Konstruksi

Harga dan Biaya Sewa Sheep Foot Roller

Mayoritas jenis alat berat biasanya memiliki banderol harga yang tidak murah. Harganya bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah. Juga ada yang banderol harganya di atas Rp 1 milyar. Untuk itu yang perlu dipertimbangkan tentu saja apakah Anda ingin membelinya atau menyewanya.Dikarenakan banderol harga yang mahal dan bukan tergolong alat yang sering dipakai, banyak perusahaan yang memang menyediakan alat-alat berat untuk disewa. Termasuk alat berat pemadat tanah. Berikut kami berikan sedikit gambaran mengenai harga maupun biaya sewa compactor atau alat pemadat tanah.

Harga Alat Berat Pemadat Tanah

ProdukHarga
Everyday Vibratory RollerRp110.000.000
Baby Roller Compactor Pemadat JalanRp86.150.000
Nivo 8 Statis Tandem RollerRp290.000.000
Single Drum Road RollersRp150.000.000
3 Wheel RollerRp250.000.000
Mini Driving Hydraulic Single Drum RollersRp160.000.000
Pneumatic Tire RollersRp652.000.000
XCMG Pneumatic Roller TireRp435.000.000
Harga di atas didapatkan dari beberapa e-commerce. Tidak menutup kemungkinan banderol harga tersebut belum termasuk biaya kirim, pajak, dan biaya-biaya lainnya.

Biaya Sewa Alat Berat Pemadat Tanah

Jenis ProdukBiaya Sewa (per jam)
Vibro Sakai 16 tonRp 135.000
Vibro Smooth DrumRp 175.000 - 250.000
Vibro Sheep FootRp 250.000 - 350.000
Baby Roller 1-2 tonRp 100.000
Vibro Roller 4-5 tonRp 120.000
Vibro Roller 6 tonRp 140.000
Tandem Roller 8 tonRp 160.000
Tandem Roller 10 tonRp 200.000
Bechoe Loader 12 tonRp 220.000
Biaya di atas belum termasuk biaya bahan bakar, operator, dan biaya-biaya lainnya. Pastikan Anda memilih penyedia jasa terpercaya untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal.
Baca juga: Perencanaan Dan Perhitungan Konstruksi Baja Untuk Bangunan

Jenis Alat Berat Compactor

Alat berat pemadat tanah dapat digolongkan menjadi beberapa macam. Antara lain smooth steel rollers, pneumatic tired rollers, tamping rollers, sheep foot rollers, vibratory rollers, dan lain sebagainya. Berikut kita bahas singkat sehingga Anda lebih paham.

1. Sheep Foot Roller

Jika diamati alat berat pemadat tanah ini memiliki roda penggilas bergerigi atau berkaki. Saat dioperasikan pada kaki-kaki tersebut akan terjadi tekanan yang tinggi sehingga kaki-kaki itu masuk ke dalam tanah sekaligus memberikan efek pemadatan dari bawah.Oleh karenanya sheep foot roller sangat baik untuk dipakai memadatkan tanah berpasir dengan sedikit lempung. Di samping itu sheep foot roller juga bisa dipakai untuk tanah yang plastis dan kohesif. Alat berat ini juga terbilang efektif untuk memadatkan material lepas yang memiliki lapisan dengan ketebalan antara 15-25 cm.

2. Smooth Steel Roller

Penggilas ini memiliki permukaan roda baja yang rata, sesuai dengan namanya. Biasanya alat ini dioperasikan dengan power unit yang bersatu atau self propelled. Ada beberapa macam compactor jika dilihat dari konfigurasi roda penggilasnya. Yakni three wheel roller, tandem roller, dan vibration roller, mesh grid roller, dan segment roller.Biasanya berat alat ini bisa ditingkatkan dengan cara menambahkan pasir atau air. Smooth wheel roller dipakai untuk memadatkan material berbutir seperti batu pecah, kerikil, dan pasir. Adanya jenis alat berat yang cukup beragam membuat pengguna bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan.Tamping roller biasa dimanfaatkan untuk memadatkan tanah berkonstruksi lempung dan campuran pasir lempung. Proses pemadatan tanah dengan alat ini memakai cara peremasan. Artinya pada bagian depan tamping roller terdapat drum berongga yang dilapisi dengan memakai kaki-kaki baja. Setiap roda dan roller tersebut mempunyai diameter dan lebar yang beragam. Setiap tamping roller biasanya mempunyai dua roda atau lebih.

3. Three Wheel Roller

Alat berat ini memiliki julukan lain macadam roller. Alasannya alat ini sering digunakan dalam pekerjaan pemadatan material berbutir kasar. Saat ingin menambah bobot dari alat berat ini, roda silinder yang kosong bisa diisi dengan zat cair seperti minyak atau air. Juga bisa diisi dengan pasir.Berat compactor ini mencapai 6 ton sampai dengan 12 ton. Akan tetapi dengan penambahan zat cair pada roda silindernya beratnya bisa naik sekitar 15% sampai 35%.
Baca juga: Pengertian BIM (Building Information Modeling)

4. Tandem Roller

Tandem roller merupakan jenis lain dari smooth steel roller. Alat ini cocok dipakai untuk permukaan yang sudah agak halus. Seperti aspal beton. Tandem roller ini dapat dibagi lagi menjadi dua macam, yakni berporos dua dan tiga.Tandem roller dapat memberikan lintasan yang sama pada masing-masing rodanya. Beratnya sendiri berkisar 8-14 ton. Jika diisi zat cair atau ballasting beratnya bisa bertambah sekitar 25-60% dari berat penggilas. Khusus tandem roller berporos tiga (three axles) dipakai untuk pemadatan ulang setelah pemadatan dengan tandem roller dua poros (two axles).

5. Pneumatic Tired Roller

Alat berat ini memiliki roda-roda penggilas berupa ban karet yang dipompa. Susunan roda depan dan belakang dibuat selang-seling sehingga bagian yang tidak tergilas oleh roda depan nantinya akan digilas oleh roda belakang.Konfigurasi tersebut menciptakan efek kneading action atau tekanan terhadap tanah, sehingga membantu proses konsolidasi tanah. Alat berat ini cocok digunakan untuk pekerjaan penggilasan bahan granular, maupun penggilasan lapisan hot mix sebagai penggilas antara.

6. Vibrator Roller

Vibrator roller bisa dibilang menjadi salah satu alat berat yang sering digunakan dalam pekerjaan pemadatan tanah. Sesuai dengan namanya, alat ini bisa bergetar yang tujuannya untuk membuat butiran-butiran langsung masuk dan mengisi ruang kosong atau pori-pori di dalam tanah. Dengan begitu tanah akan menjadi lebih padat.

7. Trench Roller

Dibandingkan beberapa alat berat di atas, trench roller tampak lebih mungil karena memiliki dimensi yang kompak. Alat ini ditujukan khusus untuk konstruksi galian parit. Kemampuan dari trench roller adalah memadatkan tanah 16 sampai dengan 23 inci.
Baca juga: Jenis Dan Kode Bearing

8. Mesh Grid Roller

Alat pemadat tanah ini memiliki roda penggilas yang unik karena terlihat seperti anyaman. Dengan bentuk seperti itu mesh grid roller bisa menghasilkan efek pemadatan dari bawah. Sehingga baik jika digunakan untuk memadatkan lapisan tanah kasar. Alat ini juga dapat ditambah beratnya hingga 10 ton.

Bagikan:

Baca Juga