Menghitung Derajat Kemiringan Atap Rumah

Nurma Yulita

Baca juga: Analisa Dan Contoh RAB Atap Baja Ringan

Cara Menentukan Kemiringan Atap Rumah

Perhitungan kemiringan atap rumah ini bertujuan untuk memudahkan pemilih rumah dalam memperkirakan besaran dana yang dibutuhkan untuk membeli bahan materialnya. Ada dua cara yang bisa digunakan untuk menghitung kemiringan atap rumah, yaitu derajat dan tinggi.

Kemiringan atap rumah pada umumnya adalah sekitar 25 sampai dengan 40 derajat, tergantung dari keinginan pemiliknya. Sedangkan untuk kemiringan dengan tinggi, perhitungannya bisa dilakukan dengan menentukan tinggi atap dan tinggi bangunan. Metode perhitungan ini biasa digunakan oleh para tukang bangunan, terutama kontraktor atau pemborong.

Baca juga: Menghitung Luas Dan Rangka Atap Baja Ringan

Cara Menghitung Kemiringan Atap Rumah

Secara umum, perhitungan kemiringan atap rumah bisa digunakan untuk dua kondisi, yaitu ketika memasang atap rumah baru dan merenovasi atap rumah. Namun bagaimanapun kondisinya, tata cara perhitungannya akan selalu sama.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam perhitungan kemiringan atap rumah, yaitu panjang setengah alas atau rumah sampai dengan tinggi atap rumah. Lebih jelasnya, berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai perhitungan kemiringan atap rumah semua bentuk dan jenis.

Bagikan: