Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di HARGAPER COM

×

Renovasi Rumah Subsidi Tipe 30 Dan 36


Atau juga bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk ruang cuci dan jemur. Untuk bagian atapnya bisa menggunakan fiber atau kaca sehingga cahaya matahari bisa tetap masuk. Alternatif lainnya Anda bisa membangun taman minimalis di sana untuk mempercantik suasana sekitar.

Maksimalkan Pencahayaan

Baik rumah tipe 30 maupun tipe 36 memiliki lahan yang tidak terlalu luas. Hal ini bisa membuat rumah terasa penuh. Anda bisa mengakali hal tersebut dengan menambahkan lampu, kaca, atau  di beberapa ruangan agar ruangan terkesan luas.

Meminimalisir Sekat Ruangan

Solusi lain selain memaksimalkan pencahayaan adalah dengan menerapkan konsep open space. Misalnya dengan menyatukan ruang tamu dan ruang keluarga atau dapur. Dengan begitu ruangan akan terkesan lebih lapang.

Membangun Pagar

Pagar menjadi salah satu bagian yang tak boleh terlewatkan bagi kebanyakan orang. Oleh karenanya Anda juga bisa mempertimbangkan hal ini. Hanya saja Anda harus menyesuaikan ukuran pagar dengan ukuran rumah.

Di samping itu pilih material dan warna yang tepat. Sebagai referensi Anda bisa memilih pagar cor atau stainless steel. Jika ingin terlihat menarik Anda bisa memilih pagar kayu, besi atau batu.

Menambah Kanopi

Umumnya rumah subsidi belum dilengkapi dengan kanopi. Dengan kata lain Anda perlu membuatnya sendiri agar rumah tidak terkesan panas saat siang hari. Ada banyak jenis kanopi yang bisa dipilih berdasarkan materialnya. Seperti kaca, spandek, polikarbonat, alderon, kayu, googreen, solar tuff, onduline dan lain sebagainya.

Membuat Kamar Tambahan

Rumah subsidi tipe 30 dan tipe 36 memiliki kamar tidur yang terbatas. Oleh karenanya Anda bisa menambahkannya jika memang memungkinkan. Jika tidak terlalu luas, Anda bisa menyiasatinya agar tetap bisa menghadirkan kamar tidur yang nyaman di ruangan yang terbatas.

Sebagai pendukung, pilih warna-warna yang netral sebagai warna utama kamar tidur, misalnya warna putih. Warna ini akan memberikan kesan luas dan lega.