Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di HARGAPER COM

×

Renovasi Rumah Subsidi Tipe 30 Dan 36


Untuk rumah subsidi kita juga dilarang melakukan pembangunan bertingkat. Sebab rumah subsidi tipe 36 hanya mempunyai Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Ketentuan Renovasi Rumah Subsidi

Tidak boleh mengubah tampilan depan rumah

Khusus untuk pemilik rumah yang belum menjalani kredit selama lima tahun tidak diperbolehkan untuk melakukan renovasi pada bagian depan rumah. Akan tetapi Anda tetap boleh membangun pagar di depan rumah, asalkan Anda tidak mengubah tampilan bangunannya.

Menghabiskan Sisa Tanah

Kebanyakan rumah subsidi menyisakan lahan di sekeliling bangunan rumah, baik di bagian depan, samping ataupun belakang. Berdasarkan aturan yang ada, kita justru diminta untuk memaksimalkan sisa lahan tersebut.

Anda bisa memanfaatkan lahan sisa tersebut untuk membangun ruang cuci, dapur, gudang dan lain sebagainya. Walaupun biasanya tidak terlalu luas, Anda tetap bisa memanfaatkannya untuk menambah area yang tidak ada di dalam rumah subsidi.

Memperbaiki Kekurangan Rumah Subsidi

Kita juga diperbolehkan untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada rumah subsidi. Misalnya mengganti bagian tertentu dari rumah dengan material lain yang lebih bagus. Atau menambah kanopi di depan rumah.

Tidak Boleh Renovasi Total

Selama kredit belum sampai lima tahun, Anda tidak boleh melakukan renovasi secara ekstrem. Misalnya renovasi rumah subsidi 2 lantai, atau mengubah bentuk bangunan rumah sehingga terlihat seperti bangunan baru.

Sebab hal ini membuat pihak terkait menganggap kita mampu membeli rumah. Alhasil pembelian rumah dapat langsung dibatalkan.

Tips Renovasi atau Perbaikan Rumah Subsidi