Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di HARGAPER COM

×

Pengertian Overstek Atap Pada Bangunan


Untuk dapat membuat atap yang berkualitas, maka perencanaan bentuk model atap harus diperhitungkan dengan baik. Selain itu juga harus mendapat perhatian khusus dari perencana atau arsitek.

Atap bangunan terdiri dari beberapa bagian. Salah satu di antaranya adalah overstek. Apa itu yang dimaksud dengan overstek? Pada artikel ini kami akan bahas lebih lanjut mengenai overstek pada bangunan, sehingga Anda mengerti dan memiliki gambaran akan definisi dari overstek.

Baca juga: Cara Menghitung Atap Baja Ringan

Pengertian Overtek

Overstek adalah bagian dari struktur atap yang menjadi ciri-ciri bangunan tropis. Overstek merupakan bagian dari bangunan yang fungsinya adalah untuk melindungi kusen atau dinding dari air hujan yang langsung mengenai struktur bangunan. Di samping itu overstek juga berfungsi untuk mengurangi sinar matahari yang mengenai dinding dan kaca jendela secara langsung.

Secara teknis overstek adalah bagian dari bangunan atau konstruksi yang menggantung tanpa ditopang kolom, dinding ataupun tiang yang menyangga struktur tersebut. Meski begitu overstek tidak hanya mengacu pada atap saja, namun juga bisa berupa lantai bangunan, tritisan, topi-topi dan lain sebagainya. Struktur tersebut biasanya dibuat dari bahan beton atau cor-coran.

Jarak overstek rangka atap umumnya berkisar 1 meter sampai dengan 1,5 meter. Sementara tinggi overstek disesuaikan dengan kemiringan atap atau ketinggian dari lantai atas.