Upah Pasang Rangka Atap Baja Ringan


0.35 mm Rp. 60.000 Genteng Metal Polos Rp. 65.000 Genteng Metal Pasir Rp. 70.000

No Jasa Pemasangan Harga
1 pasang rangka baja ringan Rp. 52.000 / m2
2 pasang rangka baja ringan + material cnp 0.75 mm Rp. 142.000 / m2
3 pasang rangka baja ringan + material cnp 0.75 mm + material atap seng spandek Rp. 217.000 / m2
4 pasang rangka baja ringan + material cnp 0.75 mm + material genteng metal polos Rp. 225.000 / m2
5 pasang rangka baja ringan + material cnp 0.75 mm + material genteng metal pasir Rp. 255.000 / m2

Biaya pemasangan di atas sebenarnya bisa beragam, tergantung jasa yang Anda pilih, material yang dibutuhkan, dan lain sebagainya.



Oleh karenanya Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu mengenai jasa pemasangan rangka atap baja ringan yang ada di sekitar tempat tinggal Anda untuk mengetahui kisaran biaya yang ada di kota Anda.

Tips Menghitung Biaya Pemasangan

Sebelum pemasangan dimulai atau sebelum Anda memilih jasa untuk melakukan pekerjaan pemasangan rangka atap baja ringan, Anda perlu memperkirakan seberapa besar dana yang harus dikeluarkan untuk pekerjaan tersebut.

Hal ini penting dan tidak boleh terlewatkan. Tujuannya agar nantinya Anda bisa memastikan bahwa dana yang Anda miliki cukup untuk menyelesaikan pemasangan rangka atap baja ringan.

Menghitung Luas Atap

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghitung luas atap. Dengan mengetahui luas atap Anda bisa mengetahui berapa dana yang diperlukan untuk membeli material baja ringan dan material lain.



Begitu juga dengan upah tenaga kerja yang perlu disiapkan. Anda bisa mengetahui luas atap dengan mencermati bentuknya, apakah segitiga, trapesium, atau persegi panjang.

Menghitung Biaya Pasang

Langkah berikutnya setelah selesai menghitung luas atap adalah menghitung biaya pemasangannya. Untuk pekerjaan borongan maka biaya pemasangan dihitung setiap meter persegi. Sehingga Anda hanya perlu mengalikan luas atap tersebut dengan biaya pemasangan setiap meter persegi.

Menghitung Biaya Lainnya

Jangan lupa untuk memperhatikan biaya lain yang bisa muncul saat proses pemasangan. Anda bisa menanyakannya kepada tukang untuk bisa memperkirakan besaran dana yang harus disiapkan untuk biaya lainnya.



Tips Sebelum Memasang Baja Ringan

Menentukan Bentuk Atap

Salah satu hal yang bisa dipertimbangkan adalah menentukan bentuk atap. Tidak hanya karena urusan estetika saja, menentukan bentuk atap juga berhubungan dengan teknik pemasangan atap dan rangkanya nanti.

Menentukan Material Atap

Jenis material atap juga menentukan seberapa rangka baja ringan yang dipakai. Khusus atap dari baja ringan, ketebalan minimal baja ringan yang direkomendasikan menurut ketentuan SNI adalah 0,25 mm untuk bangunan perumahan.