Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di HARGAPER COM

×

Upah Tukang Bangunan Sistem Borongan Di Proyek Konstruksi


Memperhatikan Pengalaman Kontraktor atau Tukang

Anda bisa mencari tahu tentang pengalaman atau rekam jejak kontraktor maupun tukang kepada yang bersangkutan. Anda bisa menanyakan apa saja yang pernah dikerjakan sebelumnya. Dengan begitu nantinya Anda bisa mengecek langsung ke rumah atau bangunan lain yang pernah mereka kerjakan untuk mengetahui seperti apa kualitas pekerjaannya. Atau Anda juga bisa bertanya-tanya kepada teman, keluarga, atau orang lain yang pernah memanfaatkan jasa mereka.

Menentukan Apa yang Dikerjakan

Sebelum mendatangi penyedia jasa alangkah baiknya Anda merinci apa saja yang ingin Anda bangun atau renovasi. Jangan lupa untuk menjabarkan besaran pekerjaan yang dibebankan kepada tukang bangunan ataupun kontraktor.

Dengan mengetahui apa saja yang perlu dikerjakan Anda bisa mengetahui apakah pekerjaan tersebut cocok jika memakai tukang bangunan borongan. Di samping itu Anda juga akan bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan tukang atau kontraktor untuk mendapatkan gambaran awal mengenai bagaimana pelaksanaannya nanti, berikut nominal yang perlu Anda bayarkan.

Mengetahui Keahlian Tukang

Anda juga bisa menanyakan apa saja keahlian tukang bangunan yang ingin Anda sewa. Sebab biasanya masing-masing tukang mempunyai bidang keahlian yang berbeda-beda. Maka dari itu Anda perlu memastikannya agar yakin bahwa pekerjaan yang akan Anda berikan kepada mereka sudah sesuai dengan bidang keahliannya.

Menetapkan Upah Standar

Kebanyakan orang akan berusaha untuk mencari harga yang murah, dan ini biasanya juga berlaku saat mereka mencari jasa tukang bangunan. Akan tetapi hindari memberikan upah kepada tukang bangunan atau kontraktor di bawah standar yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan dan hasil pekerjaan tukang bisa lebih maksimal.

Komunikasi yang Baik

Anda juga perlu menjalin komunikasi yang rutin dengan tukang bangunan yang Anda pekerjakan. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, dengan komunikasi yang baik maka Anda bisa memantau bahwa pekerjaan yang ditangani oleh tukang tersebut sudah sesuai dengan harapan Anda. Sehingga langkah tersebut bisa meminimalisir ketidaksamaan pandangan gamaran kerja dengan tukang bangunan.

Buat Kontrak Tertulis

Hal ini juga menjadi komponen yang penting bagi Anda, terutama jika pekerjaan yang ditangani membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dengan adanya kontrak tertulis baik penyedia jasa ataupun kontraktor dan tukang bangunan akan bertanggung jawab sesuai dengan yang disepakati sebelumnya.

Dalam kontrak tersebut perlu dituliskan dengan detail apa saja yang hendak dikerjakan, termasuk material bangunan yang dibutuhkan, waktu pengerjaan, hingga upah yang harus Anda bayarkan kepada penyedia jasa. Di samping itu jangan lupa untuk meminta fotokopi KTP mandor atau kepala tukang.

Baca juga: Upah Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Berikan Bonus

Apabila hasil pekerjaan tukang bangunan sesuai dengan apa yang Anda harapkan, Anda bisa memberikan bonus kepada mereka. Hal ini juga bisa membuat tukang bangunan lebih bersemangat untuk bekerja. Bonus yang diberikan tidak harus uang, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.