Harga Pasir Urug (Pasir Sirtu) Per m3


Tidak Mudah Buyar

Sudah dijelaskan di atas bahwa pasir ini dimanfaatkan untuk bahan urugan. Hal tersebut dikarenakan sifat pasir ini yang tidak mudah buyar. Dengan demikian pasir ini tidak mudah terpisah dan tetap kuat untuk pondasi bawah pada bangunan. Itulah sebabnya pasir urug menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mendirikan bangunan dari nol.

Bisa Menghalau Banjir

Di samping untuk urugan, pasir urug dapat dimanfaatkan untuk menghalangi banjir masuk ke area tertentu. Misalnya saat terjadi banjir di kawasan rumah, Anda bisa memanfaatkannya untuk menutupi bagian depan rumah sehingga air tidak masuk lagi ke dalam rumah.

Biasanya pasir ini dimasukkan ke dalam karung sebelum dipakai untuk membendung area tertentu yang diinginkan. Cara ini dinilai ampuh dan tidak membuat air merembes ke dalam rumah. Selain itu tumpukan pasir dalam karung ini juga diklaim tidak mudah jebol.

Kekurangan Pasir Urug

Selain kelebihan ada sejumlah kekurangan yang juga harus Anda ketahui. Hal ini berkaitan dengan bagaimana cara mengolahnya dan juga bagaimana cara memanfaatkannya sehingga tidak sampai salah. Silakan simak kekurangannya berikut ini.

Kualitas Rendah

Pasir ini tidak dapat Anda gunakan untuk bahan bangunan. Sebab kualitas pasir ini rendah dan tidak cocok untuk pekerjaan tersebut. Pasir urug juga tidak bisa diaduk. Sehingga pemakaiannya untuk bahan bangunan hanya akan sia-sia. Maka dari itu jangan gunakan pasir ini untuk membuat tembok maupun bagian lain dari bangunan kecuali untuk bahan urugan.

Kandungan Lumpur Tinggi

Sebelumnya kami sudah menjelaskan bahwa salah satu syarat pasir bangunan disebut berkualitas adalah kandungan lumpurnya yang tidak boleh lebih dari 5%. Itulah kenapa pasir tersebut disebut memiliki kualitas yang rendah. Kandungan lumpur pasir urug lebih tinggi dibandingkan jenis lain, meskipun teksturnya lebih halus.

Dari beberapa kekurangan tersebut sudah bisa Anda ketahui bahwa pasir urug hanya cocok dipakai untuk pekerjaan pondasi. Atau Anda juga bisa memakainya untuk paving block.

Baca juga: Harga Batu Bata Merah Press Dan Biasa

Perbedaan Pasir Urug dan Sirtu

Mungkin ada yang menganggap bahwa pasir urug dan pasir sirtu itu sama. Padahal sebenarnya keduanya merupakan jenis pasir yang berbeda. Sudah Anda ketahui bahwa pasir urug adalah limbah pasir yang proses pembentukannya melalui hasil penyaringan pasir sedot dan pasir cuci dan menjadi limbah pasir.