Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di HARGAPER COM

×

Harga Cat Kayu Dan Besi Ukuran 1-5 Kg


Cat untuk kayu dan besi memberikan manfaat dari segi estetika maupun dari sisi perlindungan. Penggunaan cat pada permukaan berbahan kayu bisa mencegah munculnya jamur. Hal ini sangat bermanfaat terutama pada daerah dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Dengan begitu permukaan tersebut bisa tahan lebih lama dibandingkan dengan tanpa cat.

Cat juga bisa melindungi permukaan dari berbagai cuaca, ataupun korosi. Cat juga bisa memberikan kesan menarik pada area yang dilapisinya. Bahkan juga bisa menghadirkan kesan mewah, atau memperkuat kesan alami pada kayu.

Kekurangan Cat Kayu dan Besi

Cat memiliki sederet manfaat yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya. Hanya saja kelebihan-kelebihan tersebut harus dibayar dengan banderol harga yang lebih tinggi. Terutama jika Anda memilih merek-merek ternama yang terkenal kualitasnya. Bahkan harganya bisa mencapai jutaan rupiah per kemasan.

Tips memilih Cat Kayu

Memilih cat kayu tidak boleh sembarangan, walaupun cat tersebut berkualitas. Anda perlu mempertimbangkan beberapa poin sebelum menjatuhkan pilihan. Tujuannya tidak lain agar Anda tidak kecewa nantinya. Berikut adalah tips memilih cat kayu yang bisa Anda cermati:

  1. Cermati jenis kayu. Jenis kayu menentukan cat mana yang perlu dipilih. Sebab masing-masing jenis kayu memiliki serat dan kandungan kimia yang berbeda. Maka dari itu jangan lupa untuk memperhatikannya dan menyesuaikannya dengan spesifikasi cat yang akan dipilih.
  2. Penempatan furnitur. Peletakan furnitur atau barang yang ingin dicat juga mempengaruhi jenis cat yang dipilih. Contohnya untuk pagar berbahan kayu yang berada di area outdoor atau luar ruangan maka Anda bisa memilih cat dengan kemampuan waterproof agar kayu tidak mudah lapuk, berjamur, maupun diserang rayap.
  3. Menentukan tingkat transparansi cat. Di pasaran Anda bisa memilih cat warna solid atau cat plitur yang transparan. Cat dengan warna solid sanggup menutupi serat kayu dengan sempurna. Sedangkan cat plitur bisa membuat permukaan lebih mengkilap.
  4. Menentukan berdasarkan teknik pengaplikasian. Anda juga bisa memilih cat berdasarkan teknik pengaplikasiannya, apakah dengan kuas atau semprot. Kedua teknik ini mempunyai karakteristik yang berbeda, begitu juga dengan spesifikasi cat yang dibutuhkan.
  5. Membawa potongan kayu. Jika berniat mengecat kayu Anda bisa membawa potongan kayu sisa dari furnitur atau barang yang ingin dicat untuk diolesi cat kayu di toko cat. Sehingga Anda bisa mengetahui bagaimana hasil akhirnya nanti.

Baca juga: Harga Dan Jenis Jenis Thinner

Tips Memilih Cat Besi

Lalu bagaimana cara memilih cat besi. Di bawah ini ada beberapa tips untuk Anda yang hendak membeli cat besi:

  1. Perhatikan bahan dasar. Sebelum memilih jangan lupa memperhatikan bahan dasarnya. Sebab masing-masing bahan dasar mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda.
  2. Memiliki formula anti karat, jamur dan cuaca ekstrem. Jika hendak mengecat area yang rentan berkarat pastikan cat besi yang Anda pilih mempunyai formula khusus anti karat, termasuk anti jamur, dan tahan cuaca ekstrem.
  3. Kandungan cat aman. Cermati kandungan timbal, merkuri, dan VOC pada cat yang dipilih dan pastikan mempunyai kadar yang sangat rendah, sekitar 10-50 gram per liter.
  4. Mudah diaplikasikan dan cepat kering. Jangan lupa untuk memilih cat besi yang mudah untuk diaplikasikan pada permukaan logam. Pilih juga cat yang cepat kering apabila memang harus dikerjakan dengan cepat.