Desain Ruko Minimalis Modern


Jika Anda memiliki ruko dua lantai yang lantai atasnya berfungsi sebagai tempat tinggal, tentunya Anda ingin tetap merasa nyaman saat beraktivitas di dalamnya. Maka dari itu Anda bisa menambahkan balkon di lantai dua. Balkon ini bisa dipakai untuk menjemur pakaian, atau sekadar bersantai sambil menikmati suasana sekitar.

Ruko tanpa Pintu Teralis



Saat ini ruko tanpa pagar mungkin masih terasa sedikit asing. Akan tetapi bukan berarti Anda tidak bisa mendesain ruko Anda seperti ini. Anda bisa membuat ruko yang menghadap ke jalan tanpa dilengkapi pagar. Seperti contoh di atas.

Akan tetapi jangan mengabaikan faktor keamanan. Seperti memasang kamera pengawas atau memperkuat keamanan jendela dan pintu sehingga tidak mudah untuk diterobos oleh pencuri.

Ruko Minimalis Warna-warni

Ruko dengan warna-warna yang mencolok memang bisa  menarik perhatian. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mencobanya. Contohnya Anda bisa mengaplikasikan beberapa warna sekaligus pada pintu, kanopi, dinding atau genteng. Akan tetapi jangan lupa untuk mencermati pemilihan warna, pastikan tetap menarik untuk dipandang.

Ruko ala Rumah Kaca



Konsep minimalis juga bisa Anda wujudkan dengan membuat ruko yang seakan-akan didominasi oleh kaca. Kaca ini tidak hanya sebagai jendela atau pencahayaan saja, namun juga sebagai dinding toko. Tentu saja desain ini membuat toko terlihat unik dan menarik perhatian. Selain itu ruko juga akan lebih hemat listrik saat pagi dan siang hari karena cahaya dibantu oleh sinar matahari.

Yang perlu diperhatikan tentu saja soal keamanan kacanya. Pastikan Anda memilih material yang berkualitas dan kuat. Selain itu jangan lupa untuk memilih kaca yang bisa melindungi isi ruko dan pengunjung dari cuaca yang terik.

Ruko dengan Keramik Glossy

Merenovasi ruko menjadi lebih cantik bukan urusan yang terlalu rumit. Anda bisa mengubah tampilan ruko lama dengan memanfaatkan material keramik glossy berukuran kecil. Selain itu sesuaikan juga furnitur di dalam ruko sehingga tetap terlihat senada. Misalnya dengan memilih warna yang serupa.



Ruko Color Block

Konsep color block ini tidak hanya simpel, namun juga terlihat sangat unik. Kuncinya gunakan warna-warna cerah seperti kuning, oranye, merah dan lain sebagainya. Di samping itu juga tambahkan ornamen pendukung seperti lampu hias, hingga hiasan dinding agar tampilannya semakin memikat.

Ruko ‘Grab and Go’ untuk Kafe

Ruko yang satu ini cocok dibangun di lahan yang sempit. Sebab pada konsep grab and go kita hanya perlu membuat area kasir dan dapur yang berada dalam satu area. Anda bisa memanfaatkan material kaca yang membentang di seluruh sisi untuk menyambut pembeli yang datang. Anda bisa memberikan beberapa kursi di depan ruko, berikut meja kecil yang menempel di dinding ruko.

Baca juga: Desain Kantor Minimalis

Tips Desain Ruko

Setelah mengetahui beberapa referensi ruko, kini kami berikan beberapa tips dalam mendesain ruko yang minimalis. Anda bisa membaca tips ini sebagai bahan pertimbangan tambahan sebelum mulai membangun ruko Anda.



Biaya Ekonomis

Anda pasti ingin memiliki ruko yang minimalis dan juga hemat biaya. Ruko minimalis tak harus mahal. Yang penting jangan lupa untuk melakukan analisis terlebih dahulu. Termasuk membuat rencana anggaran biaya dengan cermat, sehingga bisa memperkirakan berapa dana yang perlu dikeluarkan nantinya.

Memperhatikan Tampilan Fasad Ruko

Fasad ruko menjadi salah satu unsur penting dari sebuah ruko. Penting bagi kita untuk memikirkan bagaimana membuat tampilan depan ruko yang menarik perhatian. Sebab ruko yang unik atau indah akan membuat orang penasaran dan tertarik untuk berkunjung.

Bentuk Ruko

Biasanya ruko terdiri dari dua atau tiga lantai. Sedangkan bentuk dasarnya adalah balok dengan coak atau rongga di bagian tertentu. Ada cukup banyak bentuk ruko yang bisa Anda lihat di internet. Contohnya seperti yang kami sampaikan di atas.