Cara Memilih Kusen Yang Tahan Lama dan Anti Rayap


Sebelum melakukan pemilihan kusen, disarankan untuk anda mengetahui jenis material apa saya yang dapat digunakan untuk membuat kusen tersebut dan juga kelebihan dan kekurangannya. Dalam artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa tips yang dapat digunakan untuk pertimbangan dalam memilih kusen. Berikut ini beberapa tips dalam memilih kusen tersebut yaitu:

Perhatikan Jenis Kusen

Terdapat banyak jenis kusen yang dapat anda pilih dipasaran salah sarunya adalah kusen dengan material asal kayu. Dimana kusen ini dipilih dari kayu dengan kualitas yang bagus agar tahan lebih lama. Jenis kayu yang direkomendasikan sebagai material dasar kusen ini adalah kayu jati. Meski harganya dibandrol cukup makan, akan tetapi kayu jati ini cukup kuat dan awet.

Kayu jati sendiri memiliki kelebihan anti rayap dan juga tahan terhadap air, sehingga kayu tersebut tidak mudah lapuk. Tidak hanya kusen yang terbuat dari kayu anda juga dapat menggunakan kusen yang berbagan dasar lainnya seperti UPVC, Fiberglass samapai dengan aluminium untuk rumah dengan model minimalis.

Pilih Kusen Anti Rayap

Jenis kusen dengan material aluminium ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk rumah dengan konsep modern, dimana material tersebut ringan dan juga tidak membutuhkan perawatan secara berkala. Hal tersebut dikarenakan materal aluminium ini lebih tahan terhadap keropos mengingat tidak mungkin bila dimakan rayap sehingga akan tahan lama.

Tidak hanya itu jenis kusen ini juga ringan dan dapat dobongkar pasang. Lalu juga tidak menyusut seperti kayu dan juga tidak akan mengalami penyusutan yang diakibatkan cuaca. Akan tetapi kekurangan kusen jenis ini adalah variasi bentuk dan model yang terbatas karena materialnya sudah standar pabrik. Tidak hanya itu kusen ini memiliki kualitas rendah dana dapat mudah memuai saat terjadi perubahan suhu dan juga harga yang cukup mahal.