Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di HARGAPER COM

×

Cara Kerja Panel Surya Dan Biayanya


Sedankgan biaya total tergantung seberapa besar panel surya yang hendak dipasang. Sebagai contoh, untuk satu toko yang memasang 10 kWp panel surya, maka dikalikan dengan harga dasar per kWp. Artinya pemilik perlu mengeluarkan biaya Rp 140 juta.

Untuk informasi jumlah 10 kWp umumnya dipakai oleh pelaku usaha untuk membantu kebutuhan listrik produksi. Sementara untuk rumah tangga panel surya yang dibutuhkan jauh lebih kecil, yakni 1-2 kWp. Sehingga diperlukan biaya sekitar Rp 14-28 juta untuk memasang solar panel.

Baca juga: Harga Water Heater

Perizinan Panel Surya

Pemerintah sendiri sudah mengatur perizinan pemasangan panel surya yang tertuang dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 12 Tahun 2019 dan Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2019. Dalam peraturan tersebut dapat diketahui bahwa masyarakat yang akan memasang panel listrik surya di bawah 500 kilovolt ampere (kVA) tidak perlu mengajukan izin pemanfaatan. Begitu pula sebaliknya.

Masyarakat yang hendak mengurus perizinan pemasangan panel surya perlu melengkapi persyaratan administrasi dan persyaratan teknis. Di samping itu pemerintah akan melakukan pengecekan untuk mengetahui apakah pelanggan memenuhi persyaratan yang berlaku. Jika memenuhi pelanggan dinyatakan sudah memenuhi kewajiban Sertifikasi Laik Operasi (SLO).