Cara Menghitung Berat Jenis Besi Beton

Selamat datang di website kami yang membahas daftar harga dan informasi terkait dengan depo bangunan yang pasti dibutuhkan, Cara Menghitung Berat Jenis Besi Beton.

Cara Menghitung Berat Besi Beton – Ada beberapa cara dalam menghitung berat besi beton tanpa harus menggunakan tabel berat jenis. Seperti diketahui bahwa besi beton adalah material yang digunakan untuk struktur beton konvensional pada umumnya. Material tersebut tentunya memiliki berat yang berbeda-beda tergantung dari diameternya dari besi beton itu sendiri.

Sementara itu fungsi utama dari material ini adalah untuk menahan bangunan atau lain sebagainya yang sering digunakan struktur gedung. Bisa dipastikan hampir semua struktur gedung di Indonesia masih menggunakan besi beton seperti pelat, kolom, balok, dan pondasi.

Sedangkan merk yang ada di pasaran dan sudah terkenal di antaranya Hanil, Perwira, KS, dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana sebenarnya cara menghitung berat besi tersebut tanpa menggunakan tabel? Mungkin bagi anda yang masih awam sudah pasti sangat kesulitan dan bahkan tidak begitu paham mengenai hal itu. Meskipun demikian pada dasarnya ada rumus tersendiri yang bisa anda gunakan dan bisa membantu anda menghitung berat besi beton dengan cepat dan tepat. Berikut rumus yang dapat digunakan :

                         Rumus Berat Besi

Untuk membandingkan antara perhitungan rumus di atas dengan tabel maka sebagai contoh menghitung besi dengan diameter D22. Dari tabel berat jenis diameter ini adalah 2,985 kg/m

  • Dengan rumus  > Berat = 0,006165 x D x D x P = 0,006165 x 22 x 22 x 12 = 35,81 kg
  • Dengan tabel > Berat = BJ x P = 2,985 x 12 = 35,82 kg

Nah itulah tadi cara menghitung berat besi beton tanpa tabel yang bisa ada lakukan, pada intinya anda harus hafal mengenai angka-angka koefisiennya saja dan tidak perlu menghitung berat jenis semua diameter. Cara ini bisa anda dilakukan apabila terdapat kondisi yang mendesak di lapangan seperti lupa membawa alat atau lain sebagainya.

Baca juga: Harga Besi Beton Terbaru

Hanya saja cara menghitung secara manual ini juga ada kelemahannya yaitu anda tidak bisa menghitung dalam jumlah yang banyak. Karena pada dasarnya cara ini hanya untuk perkiraaan apabila terjadi hal mendadak tentang berat besi beton jadi sebaiknya setiap membuat bangunanan dengan melibatkan besi beton sebaiknya selalu bawa alat dan juga peralatan yang lengkap.

Source:

berat jenis besi,menghitung berat besi,bj besi kayu dan beton,cara menghitung bert besi,cara mengitung harga besi per kg 2017,cara paham hitung besi manual,daftar berat jenis besi,hitung berat jenis besi


Cara Menghitung Berat Jenis Besi Beton | hargaper | 4.5