Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan

Selamat datang di website kami yang membahas daftar harga dan informasi terkait dengan depo bangunan yang pasti dibutuhkan, Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan.

Menghitung Atap Baja Ringan – Di pasaran ada banyak jenis rangka atap yang bisa dibeli. Setiap jenis tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi harga, kualitas dan daya ketahanan.

Untuk itu perlu pertimbangan matang sebelum memutuskan rangka atap yang ingin dibeli. Dari beberapa jenis, mungkin sebagian orang sudah tidak asing dengan rangka atap baja ringan. Baja memang sudah menjadi salah satu material bangunan yang banyak dipilih lantaran keekonomisannya dan kekuatan yang dapat disediakan.

Baja ringan berbeda dengan baja konvensional. Sebab baja ringan dibuat dengan mutu tinggi dan memiliki sifat ringan dan tipis. Meski demikian baja jenis ini memiliki fungsi yang setara baja konvensional. Rangka atap baja ringan banyak dipakai untuk memudahkan perakitan dan konstruksi.

Baca juga : Harga Kanopi Baja Ringan Terbaru

Apabila Anda tertarik untuk mengaplikasikan rangka atap baja ringan ini ke dalam rumah Anda, salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah menghitung luas rangka atap baja ringan.

Langkah ini perlu dilakukan agar anggaran dapat dipersiapkan sebaik mungkin. Apabila anggaran dasar sudah diketahui, maka akan mudah bagi Anda untuk membeli bahan baku dan melakukan proses pemasangan. Lantas bagaimana cara menghitung luas rangka atap baja ringan ?

Untuk menghitungnya bisa dibilang tidak terlalu susah namun juga tidak terlalu mudah. Bagi Anda yang sudah terbiasa berkecimpung di dunia konstruksi tentu sudah paham betul. Namun bagi Anda yang masih awam, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Pada dasarnya cara menghitungnya hampir sama dengan rangka atap lainnya. Yang perlu dilakukan tinggal menyesuaikan nama istilah dan jenis rangka atap baja ringan. Untuk lebih jelas, berikut adalah rumus menghitung luas rangka atap baja ringan :

Rumus yang harus anda ketahui :

Sebagai contoh, seumpama ukuran bangunan rumah anda 10 x 10 meter tambah overstek setiap ke 4 sisi bangunan 1 meter, dengan derajat kemiringan 35 derajat, maka hasil dari perhitungan volume rangka atap baja ringan adalah :

  • Panjang bangunan   = 10+1+1            = 12 meter
  • Lebar bangunan      = 10+1+1             = 12 meter
  • Derajat kemiringan = cos 35               = 0,819
  • Volume                    = 12 x 12 : 0,819 = 175,8 meter2

Nah jadi hasilnya bisa diketahui sudah, luas rangka atap baja ringan bangunan rumah anda adalah : 175,8 meter2

Demikian adalah cara menghitung luas rangka atap baja yang bisa Anda terapkan. Dengan menghitung luas rangka atap baja ringan sendiri. Anda tidak perlu repot-repot meminta bantuan tukang bangunan atau kontraktor.

Di samping itu Anda juga menjadi tahu lebih banyak seputar rangka atap baja ringan yang akan diaplikasikan ke rumah Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Source:

cara hitung ba,cara hitung RAB atap rangka baja galvalum,cara menghitung baja ringan untuk atap rumah,cara menghitung luas rangka atap,cara menghitung rangka atap baja ringan,cara menghitung rangka plafon,cara menghitung volume atap baja ringan,cara menghitung volume baja ringan,menghitung baja ringan


Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan | hargaper | 4.5